Abdul Aziz. Diberdayakan oleh Blogger.

10 Fakta Unik Matematika

Minggu, 01 April 2012

Mathematics problem
1. Russell menggunakan argumen matematis untuk menguji batas luar logika (dan kewarasan).

2. Pada sebuah konferensi di Paris pada 1900, Jerman ahli matematika David Hilbert bertekad untuk memecahkan beberapa misteri matematika yang saling terkait dengan menetapkan 23 masalah kunci. Pada tahun 2000 ahli matematika telah memecahkan semua  masalah yang diajukan Hilbert kecuali satu yaitu hipotesis yang diajukan pada tahun 1859 oleh Bernhard Riemann.

3. Hipotesis Riemann sekarang dianggap sebagai masalah yang belum terpecahkan yang paling signifikan dalam matematika. Ia mengklaim ada pola tersembunyi untuk distribusi utama nomor-nomor yang tidak dapat difaktorkan, seperti 5, 7, 41, dan, oh, 1.000.033.

4. Hipotesis ini telah terbukti secara eksperimental untuk menahan untuk 100 miliar kasus pertama, yang akan menjadi bukti yang cukup untuk akuntan atau bahkan ahli fisika. Tapi tidak untuk ahli matematika.

5. Pada tahun 2000 Clay Mathematics Institute mengumumkan $ 1.000.000 hadiah untuk solusi 7 permasalahan matematika yang diberi nama "Millenium Prize Problem". Sepuluh tahun kemudian lembaga ini membuat penghargaan pertama untuk Ahli Matematika Rusia, Grigori Perelman yang telah berhasil memecahkan konjektur Poincaré, sebuah masalah matematika yang berasal dari tahun 1904.

6. Ingin Membuktikan bahwa para matematikawan tidak memahami tujuh digit angka, Perelman menolak juta dolar karena merasa matematikawan adalah sama-sama layak untuk penghargaan itu. Dia saat ini tinggal dalam pengasingan di Rusia.

7. Dalam usia remaja, Evariste Galois menemukan cabang matematika yang sama sekali baru, yang disebut teori grup, untuk membuktikan bahwa "quintic"-persamaan dengan jangka waktu x5-tidak bisa dipecahkan oleh rumus apapun.

8. Galois meninggal di Paris pada tahun 1832 pada usia 20, ia ditembak saat berselisih dengan seorang wanita. Mengantisipasi kerugian, ia menghabiskan malam terakhirnya dengan melakukan koreksi dan penambahan di atas kertas matematikanya.

9. Mahasiswa pascasarjana George Dantzig datang terlambat ke kelas statistik di Berkeley suatu hari pada tahun 1939 dan ia menyalin dua masalah dari papan tulis. Ia menyerahkan jawaban beberapa hari kemudian, dan meminta maaf bahwa masalah itu lebih sulit dari biasanya.

10. "Pekerjaan rumah" itu sebenarnya adalah dua masalah terkenal yang belum terbukti teorinya. Cerita Dantzig menjadi terkenal dan terinspirasi adegan dari Good Will Hunting.
Share this article on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 DUNIA DALAM BLOG All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.