Abdul Aziz. Diberdayakan oleh Blogger.

Proses Kelahiran Black Hole

Senin, 09 April 2012

 
Black Hole (lubang hitam) itu adalah wilayah-wilayah di angkasa di mana gravitasinya begitu kuat,sampai cahaya pun tidak dapat lolos dari tarikanya yang tidak kenal ampun.

Mungkin ada beberapa jenis lubang hitam (kata para ilmuwan). Salah satu jenisnya adalah terbentuk ketika bintang tua yang sangat besar mati (karena di alam semesta ini ada bintang bintang baru  yang lahir dan mati setiap harinya). Lubang hitam jenis lain diperkirakan bersembunyi di pusat galaksi. Gelap dan bermassa kolosal, benda-benda langit seperti itu mungkin terbentuk dari setara dengan jutaan bintang. Akhirnya, mungkin ada lubang-lubang hitam mini, seukuran panjang ujung jarum atau kelereng, terbentuk dari jumlah massa yang relativ kecil dan dimampatkan menjadi gumpalan yang kecilnya tidak terbayangkan (bahkan lebih kecil dari quark).

Lubang hitam jenis yang pertama mungkin akan lahir dari sebuah bintang yngg mengandung materi 8 sampai 100 kali Matahari kita, mengakhiri hidupnya dalam ledakan dahsyat. Setelah itu, apa yang tersisa dari bintang itu runtuh, tertarik oleh gravitasinya sendiri, materi bintang menyatu, makin lama makin rapat.

Gravitasi hanyalah gaya tarik antara setitik materi dengan materi lainnya. Jadi semakin banyak materi di suatu tempat, semakin kuat gaya gravitasinya. Di permukaan bintang yang menciut, karena begitu banyak massa dimampatkan ke ruang kecil di bawahnya, gaya gravitasinya luar biasa kuat.

Akhirnya, saat penciutan terus berlanjut, bintang itu mungkin menjadi obyek yang gravitasi permukaannya begitu kuat sampai cahaya pun tidak bisa lolos/Materi dan cahaya tenggelam ke dalam bintang yang runtuh-itulah yang disebut lubang hitam.

Hingga kini, Para ilmuwan belum bisa membuktikan bahwa lubang hitam supermasif benar-benar ada,tetapi mereka makin mendekati dengan mengarahkan teleskop mereka ke pusat-pusat galaxy-termasuk galaksi kita sendiri-dimana "lubang" jenis kedua mungkin dapat ditemukan. Sebuah galaksi yang sudah lama menarik perhatian para ilmuwan disebut NGC4261. Dua semburan materi yang sangat besar mengalir puluhan ribu tahun cahaya ke antariksa dari pusat galaksi ini (untuk dapat membayanginya ingatlah bahwa 1 tahun cahaya=9,5 triliyun km).

Mengamati semburan ini,para ilmuwan menduga bahwa lubang hitam yang sangat besar bersembunyi di pusat NGC4261.Dan tahun 1992, teleskop antariksa Hubble mengirimkan kembali gambar paling tajam sejauh ini mengenai pusat misterius galaksi ini.

Dan tau apa yg diliat para ilmuwan? Kumpulan materi berdebu,bersinar, dan berputar, berbentuk mirip donat, dengan lebar ratusan tahun cahaya. Para ilmuwan percaya pusat donat itu mungkin lubang hitam raksasa, dengan kandungan setara dengan 10 juta bintang (kurang lebih). Dan tahu yg lebih mengerikan lagi? materi lain mengelilingi lubang itu seperti air di lubang bak kamar mandi, mengalir masuk saat terperangkap gravitasi lubang itu.Hiiii....

Lubang-lubang hitam mini yang sukar ditemukan-andai saja memang ada-mungkin terbentuk di tengah tekanan luar biasa yang diperkirakan para ilmuwan terjadi pada detik pertama setelah asal muasal alam semesta. Yang ukurannya sampai seujung jarum, sudah "menguap" sekrang, tetapi mungkin masih ada yang sedikit lebih besar tersembunyi di antariksa.

Bumi pun bisa menjadi lubang hitam,kalo materinya dimampatkan menjadi sebesar bola pingpong. Demikian lah sepenggal kisah tentang Black Hole.
Share this article on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 DUNIA DALAM BLOG All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.