Abdul Aziz. Diberdayakan oleh Blogger.

Black Hole Terbesar di Alam Semesta

Sabtu, 17 Maret 2012

Black Hole NGC 3842 dan NGC 4889
Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh astronom Universitas California, Berkeley menemukan dua buah Black Hole atau lubang hitam berukuran super besar yang mengalahkan rekor ukuran Black Hole terbesar yang ada sekarang ini.


Black Hole yang pertama terletak  di galaksi NGC 3842, di kluster Leo, jaraknya adalah 320 juta tahun cahaya dari Bumi. Ukuran Black Hole tersebut diperkirakan mencapai  9,7 juta kali massa Matahari.
Black Hole yang kedua terletak di di galaksi NGC 4889, di kluster Coma.jaraknya adalah  335 juta tahun cahaya dari Bumi. Ukuran Black Hole ini diperkirakan mencapai 10 juta kali massa Matahari.
Saking besarnya ukuran dari dua Black Hole tersebut sehingga mampu mengalahkan Black Hole yang berada di galaksi elips Messier 87 yang memiliki ukuran mencapai  6,3 juta kali massa Matahari.
Black Hole sendiri merupakan sebuah objek yang memilikik daya tarik sangat kuat bahkan cahaya pun tak dapat melepaskan diri darinya. 
Penemuan Black Hole  ini telah memberikan sebuah pertanyaan baru bagi di kalangan ilmuwan, yaitu bagaimanakah Black Hole tersebut bisa tumbuh?.Beberapa ilmuan mengatakan bahwa pertumbuhan dari Black Hole tersebut dipengaruhi oleh ukuran galaksi itu sendiri.  Seperti yang dikutip dari Space, " Kami para ilmuan mengetahui bahwa galaksi berukuran besar merupakan gabungan dari beberapa galaksi yang lebih kecil, begitu pula dengan Black Hole, ia bisa menyatukan diri dengan yang lainnya sehingga membuat ukurannya lebih besar".
Tapi, selain hal tersebut sebuah Black Hole juga bisa tumbuh menjadi lebih besar dengan cara menghisap gas.
Share this article on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 DUNIA DALAM BLOG All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.